Ciri Sakit Ginjal dari Stadium Awal hingga Tinggi, Patut Diwaspadai & Ambil Tindakan

POKER899 – Fungsi dan tujuan ginjal adalah membuang kelebihan cairan dan produk limbah dari tubuh. Ginjal merupakan organ seukuran kepalan tangan yang berbentuk seperti kacang. Ia terletak di area panggul, berada di bagian bawah tulang rusuk, di sisi kanan dan kiri tulang punggung. Normalnya, kedua ginjal akan menyaring limbah dari darah dan menghasilkan urin untuk dibuang bersama cairan ekstra dari tubuh. Jika sakit ginjal, itu berarti ada yang salah dengannya. Penting untuk menentukan apakah rasa sakit itu berasal dari ginjal dan atau dari area lain, sehingga bisa menerima perawatan yang tepat. Mengetahui ciri sakit ginjal ini penting, karena ada otot, tulang, dan organ lain di sekitar ginjal. Terkadang sulit untuk mengetahui apakah sakit itu dari ginjal atau hal lain yang menyebabkan nyeri. Tak jarang yang menganggap enteng, karena disangka nyeri punggung biasa. Penyebab umum sakit ginjal terutama adalah infeksi saluran kemih, infeksi ginjal, dan batu ginjal. Namun, ada banyak penyebab sakit ginjal lainnya, termasuk trauma tembus dan benda tumpul yang menyebabkan ginjal terkoyak.

Supaya bisa lebih waspada dan mendapatkan perawatan yang tepat, berikut ciri sakit ginjal dari stadium awal hingga tingkat tinggi.

Ciri Sakit Ginjal

ilustrasi sakit ginjal

Sakit ginjal adalah ketidaknyamanan yang berasal dari daerah di mana ginjal berada. Ini sering digambarkan sebagai nyeri tumpul, yang dirasakan di sisi tubuh, punggung, atau perut, hingga tak jarang yang menyangkanya sebagai sakit punggung biasa. Nyeri pada ginjal akan terjadi konstan di sisi kanan atau kiri Anda, atau di kedua sisi tubuh sekaligus. Dan bertambah parah saat seseorang dengan lembut menyentuh area tersebut.

Dilansir dari WebMD, gejala yang mungkin menyertai sakit ginjal meliputi:

  • Nyeri tumpul yang biasanya konstan
  • Nyeri di bawah tulang rusuk atau di perut
  • Sakit di sisi; biasanya hanya satu sisi, tapi terkadang keduanya terasa sakit
  • Nyeri tajam atau parah yang mungkin datang secara bergelombang
  • Nyeri yang menyebar ke area selangkangan atau perut
  • Rasa sakit atau perih seakan terbakar saat buang air kecil
  • Infeksi saluran kemih baru-baru ini

Dikutip dari Healthline dan MedicineNet, ciri sakit ginjal bergantung pada penyebabnya. Bersamaan dengan sakit ginjal mungkin juga memiliki tanda seperti:

  • Demam dan menggigil
  • Muntah dan mual
  • Sakit saat buang air kecil
  • Urine keruh
  • Darah dalam urin
  • Sembelit atau diare
  • Ruam
  • Kelelahan
  • Panas dingin
  • Denyut nadi yang tidak normal

Penyebab Sakit Ginjal

ilustrasi ginjal

Merasakan nyeri di sekitar panggul, perut, pantat hingga selangkangan bisa menjadi tanda bahwa ada salah satu atau kedua ginjal yang sakit. Sakit ginjal memiliki banyak kemungkinan penyebab. Organ-organ ini terhubung dengan kandung kemih dan ureter, tempat menyimpan dan membuang urin.

Penyebab sakit ginjal yang umum terjadi:

1. Ada infeksi, yang disebut pielonefritis.

2. Ada pendarahan di ginjal.

3. Ada gumpalan darah di vena yang terhubung ke ginjal, disebut trombosis vena ginjal.

4. Bengkak karena urine menumpuk. Urine tidak dapat mengalir dari ginjal ke kandung kemih dengan baik, yang disebut hidronefrosis. Jika dibiarkan akan memicu infeksi saluran kemih serta luka parut pada ginjal.

5. Ada kanker di dalamnya, tetapi semakin menyakitkan bila sudah berkembang sangat besar.

6. Ada kista di ginjal yang membesar atau pecah.

7. Mengidap sakit ginjal polikistik, yang merupakan kondisi bawaan di mana banyak kista tumbuh di ginjal dan dapat merusaknya.

8. Ada batu di ginjal. Tapi biasanya tidak sakit sampai masuk ke dalam tabung yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih. Ini bisa menyebabkan rasa sakit yang parah dan tajam.

9. Memiliki tekanan darah tinggi dan diabetes.

Segera Kunjungi Dokter

Sakit ginjal hampir selalu merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan penyaringan darah. Anda harus menemui dokter sesegera mungkin untuk menentukan apa yang menyebabkan rasa sakit di area panggul tersebut. Jika kondisi yang menyebabkan sakit ginjal tidak segera ditangani dengan tepat, ginjal dapat berhenti bekerja. Kemudian berujung pada gagal ginjal. Sangat penting untuk segera menemui dokter jika rasa sakit kian parah dan dimulai tiba-tiba. Karena ini sering disebabkan oleh masalah serius, seperti trombosis vena ginjal atau pendarahan ke ginjal

Cara Mencegah Sakit Ginjal

ilustrasi ginjal

Mencegah sakit ginjal merupakan bentuk kewaspadaan banyak orang. Namun hal ini menjadi sangat penting bagi Anda yang telah memiliki riwayat penyakit diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Kita bisa melindungi ginjal dengan mencegah atau mengelola kondisi kesehatan yang menyebabkan kerusakan ginjal. Berikut beberapa langkah mencegah sakit ginjal dilansir dari National Institutes of Health (NIH) dan Healthline:

1. Jadikan aktivitas fisik sebagai bagian dari rutinitas.

2. Kelola diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung

3. Kurangi asupan garam

4. Pertahankan berat badan yang sehat

5. Tidur yang cukup

6. Berhenti merokok

7. Batasi asupan alkohol

8. Minum air yang cukup. Karena dehidrasi mengurangi aliran darah ke ginjal yang dapat merusaknya. .

9. Batasi obat pereda nyeri yang dijual bebas. Dalam dosis tinggi, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen, mengurangi jumlah aliran darah ke ginjal, yang dapat membahayakan ginjal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *