CEK FAKTA: Hoaks Video Mobil Terbalik Saat Banjir di Bekasi Tahun 2021

 

POKER899 – Video mobil-mobil terbalik pasca banjir di Bekasi beredar di media sosial. Video itu beredar pada 20 Februari 2021, atau saat banjir menenggelamkan sejumlah rumah di Bekasi, Jawa Barat.

tangkapan layar video mobil terbalik di bekasi

BANJIR DI BEKASI 2021 !!! MOBIL BANYAK TERBALI !!!

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, video tersebut bukan diambil saat banjir di Bekasi tahun 2021. Dalam artikel turnbackhoax berjudul “[SALAH] Video Mobil Terbalik setelah Banjir Surut di Bekasi” pada 21 Februari 2021 dijelaskan bahwa video itu diambil saat banjir di Bekasi pada Januari 2020. Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan video setelah banjir yang melanda Bekasi sejak 19 Februari 2021 kemarin surut, melainkan video setelah banjir surut di Jatiasih, Bekasi, pada tanggal 2 Januari 2020 lalu. Video serupa juga pernah disebarkan dengan narasi banjir yang melanda Sampang, Madura pada Desember 2020 lalu, serta Kalimantan Selatan pada Januari 2021 lalu.

Dalam artikel merdeka.com berjudul “Emil Pantau Banjir di Jatiasih: Perumahan Elit Juga Kena” pada 2 Januari 2020, dijelaskan banjir terjadi di Jatiasih, Bekasi. Sejumlah permukiman penduduk di kawasan Bekasi, Jawa Barat, juga terendam banjir. Terparah di kawasan Jatiasih, Bekasi. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau lokasi setelah melakukan pemantauan lewat udara dengan helikopter.

“Pantauan udara tadi bersama Pak Wali diarahkan yang agak parah di seperti Jatiasih,” kata Ridwan Kamil di lokasi banjir Vila Taman Kartini, Bekasi Timur, Kamis (2/1). Sejumlah perumahan banjir parah di wilayah Jatiasih mulai dari Villa Nusa Indah, Pondok Gede Permai, Kemang IFI. Ketinggian banjir di lokasi ini sejak kemarin sore sampai siang ini mencapai atap rumah atau sekitar empat meter.

“Itu (perumahan di Jatiasih) masih tergenang bahkan perumahan elit pun Kemang Pratama juga kena, hampir banyak sekali,” kata Kang Emil. Banjir di Bekasi karena luapan Kali Bekasi akibat kiriman air dari Bogor melalui Kali Cikeas dan Cileungsi. Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas menyebut, puncak tinggi muka air mencapai 610 sentimeter, dua kali lipat dari batas maksimal tanggul 300 sentimeter. Dalam artikel merdeka.com berjudul “Potret Dahsyatnya Banjir di Bekasi, Mobil Rusak Berserakan dan Bertumpuk-tumpuk” pada 2 Januari 2020, dijelaskan kondisi Jatiasih pasca banjir. Banjir yang menerjang wilayah Bekasi, Jawa Barat pada 1 Januari 2020 begitu dahsyat. Sampai banyak mobil hanyut terbawa aliran air. Terlihat sebuah mobil merah rusak akibat terjangan banjir yang terjadi Perumahan Pondok Gede Permai, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat. Mobil itu terlihat penuh lumpur setelah diterjang banjir pada Rabu (1/1). Di tengah jalan di Perumahan Pondok Gede Permai, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, warga banyak melihat mobil-mobil yang berserakan. Kondisi mobil dalam keadaan rusak.

Kesimpulan

Video tumpukan mobil pasca banjir yang disebut-sebit terjadi pada tahun 2021 adalah hoaks. Video tersebut diambil setelah banjir di Jatiasih, Bekasi, sudah surut pada Januari 2020. Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *